Idulfitri di earth-like planet


Ini lebaran ke-3 saya rayakan jauh dari orang-orang tersayang. Maaf-maafan cuma lewat skype. Tapi it’s all good, karena tahun depan sepertinya saya sudah bisa berlebaran di rumah. Tapi pengungsi Syiah dari Sampang, punya nasib yang lebih buruk. Dilarang pulang ke kampung halamannya untuk lebaran. Nekat pulang, bisa jadi malah jadi lebaran terakhir. Syiah minoritas di Indonesia. We hate them, kata para ulama mainstream Indonesia yang kebanyakan Sunni. Di Iraq bahkan, ISIS sudah bergerak menghabisi Syiah, dan juga umat Kristiani. Poor Syiah. Di Iran, mungkin ada harapan bagi Syiah, karena mereka bukan minoritas disana. Tapi bumi tidak serta merta damai. Di atas langit masih ada langit, di bawah minoritas, masih ada minoritas. Masyarakat kelas 2 dan 3 dalam bahaya. There is an endless chain of hatred, within Islam. Semua pihak tentu saja merasa apa yang dilakukan, membunuh sekalipun, semua atas nama ajaran Tuhan dan Rasulnya, dari Kitab Suci Al-Quran dan Hadith.

Kita yang ada di luar lingkaran kebencian ini, tentu saja tidak boleh salah paham. Mereka bilang “Kita damai kok” sambil nggak sengaja pisaunya nempel kulit leher kita.

Serem ya?

Tenanggg, tadi semua cuma dongeng kok. Tidak betul-betul terjadi di bumi kita yang ini. Manusia penghuni bumi kita ini sudah paham bahwa menghormati umat manusia lain adalah hal yang paling dasar dan mudah untuk dimengerti. Tidak perlu hafal satu bundel tebal kitab suci untuk tahu bahwa we’re all just humans. We share the same earth, oxygen, and water. Whatever you eat, babi atau bukan, kita tetap harus mengeluarkan kotoran. Bedanya cuma mau jongkok atau duduk. Karena Islam itu rahmatan lil alamin. Ajaran damai untuk seluruh umat manusia. Let me rephrase it: Islam brings happiness for every single human being on earth.

Jadi met lebaran ya!

Bagi opor dong! Kalo nggak, rajam nih!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s