Srimulat Millenial


Sudah tahu belum? Di tv, stand up comedy lagi ngetop. Tapi, banyak yang nggak lucu. Saya bukan ahlinya memang. Tapi menurut saya komedi yang baik itu sangat bergantung pada punchline dan timing yang oke. Dibandingkan dengan yang di tv, justru banyak bincang-bincang santai bersama teman yang menjadi komedi super lucu–terimakasih kepada punchline yang nonjok dan timing yang pas. Level lucunya luar bisa, karena terus terngiang-ngiang di benak hingga saat ini. Walaupun harus diakui, punchline dunia nyata yang terlalu menghibur membuat manusia normal seharusnya bergumam: What the fuck!

Nah, stand-up comedians yang perlu inspirasi, coba saja periksa daftar di bawah ini. Siapa tahu ada yang menarik buat Anda. Dan yang paling penting adalah, ini betul-betul diucapkan oleh manusia dalam kehidupan nyata. Artinya, they genuinely believe whatever they were saying. How’s that for a real-life comedy?

Don’t thank me. Thank God.

Tom Cruise may be or may not be worshipping Stephen Hawking

Circa 2014-an, Jepang, acara makan-makan bersama orang-orang Indonesia. Saya tidak ingat benar asal mulanya, tapi sepertinya kami sedang bicara soal Stephen Hawking. Seseorang kemudian bilang: tapi dia kan ateis. Dan seorang lagi, dengan muka yang mencerminkan di otaknya baru saja menyala sebuah bohlam dan membuatnya berteriak eureka!, menjawab:

Iya, dia kan yang bikin agama Scientology.

Punchlinenya nendang dan timingnya cantik. Karena diucapkan saat hadirin sedang diam, dan mampu membuat mereka bergumam “Oohhh” sambil genuinly mantuk-mantuk berjamaah setelahnya.

————————————————————————–

Siapa lagi kalau bukan Yahudi?

Akhir 2014, Jepang, another acara makan-makan bersama orang Indonesia. Well, mungkin bukan akhir 2014. Tapi waktu itu, baru saja ada pengusiran warga Syiah di Indonesia. (Sampang-kah?) Saya ingat dengan sedikit kesal memancing teman-teman untuk membahas soal itu, karena saya berfikir: ini kok pada adem-ayem aja sih? Tiba-tiba seorang teman dekat saya bilang:

Eh, Syiah kan bikinan Yahudi, untuk memecah umat Islam.

Setelah diingat-ingat, ternyata tidak selucu itu waktu kejadian. Karena berujung saya buka-buka internet mencari sumber untuk menjelaskan Syiah tidak ada hubungannya dengan Yahudi (apalagi Amerika). Yang bikinan Yahudi itu salah satunya ya Gal Gadot. Suka kan sama produk Yahudi?

————————————————————————–

Iklan